Senin, 18 Februari 2013

Tips menangkal flu selama musim hujan


Flu adalah penyakit yang paling umum kita rasakan ketika musim hujan. Penyakit ini membuat kita merasa lemas dan tak bersemangat sepanjang hari. Tak ingin hari Anda kelabu hanya gara-gara flu? Berikut adalah tips sehat untuk menangkal flu selama musim hujan, seperti dilansir Boldsky.

1. Teh Herbal

Teh herbal dapat menghindarkan Anda dari flu. Dengan menambahkan sedikit jahe ke dalam teh, Anda bisa membuat tubuh tetap hangat.

2. Buah jeruk

Sumber utama dari buah jeruk adalah vitamin C. Jadi, kita perlu mengkonsumsi buah jeruk karena juga membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Meningkatkan asupan vitamin C sangat penting jika Anda merokok, karena merokok meningkatkan risiko Anda terkena flu. Buah jeruk bukan satu-satunya makanan yang tinggi vitamin C. Kentang, paprika hijau, stroberi dan nanas juga dapat membantu dalam penyembuhan batuk dan flu.

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan sumber antioksidan dan dipercaya dapat mencegah penyakit jantung.

4. Sup ayam

Sup ayam hangat dapat membantu melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat dan memberikan lebih banyak energi.

5. Makanan panas

Masakan pedas dapat melancarkan hidung yang tersumbat dan memberi energi. Setidaknya, Anda juga merasa lebih hangat.

6. Jahe

Jahe dapat membantu mengobati batuk dan demam yang sering menyertai pilek dan flu. Cara terbaik menggunakan jahe dengan menambahkannya ke dalam secangkir teh.

7. Vitamin B6 dan B12

Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi penyembuhan, dan makanan yang tinggi protein. Perbanyak konsumsi ikan, susu sapi, susu kedelai, sereal, bayam dan ayam kalkun.

8. Tidur

Tidur tidak hanya membuat kita merasa segar, tetapi juga menyembuhkan kita dari flu. Miliki waktu tidur yang baik yakni 8 jam sehari.

9. Zinc

Anda perlu menambahkan lebih banyak makanan yang kaya zinc untuk mencegah flu. Senyawa ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tiram, daging merah dan unggas merupakan sumber zinc yang terbaik.

10. Cairan

Pastikan tubuh tetap terhidrasi. Perbanyak konsumsi air untuk mencegah dehidrasi. Air juga ampuh dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

Ini adalah tips sehat untuk menangkal flu selama musim hujan. Lakukan olahraga rutin untuk mendukung pola diet sehat Anda.
[des]
http://www.merdeka.com


Related Articel:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi